THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 11 September 2008

bIG MAtch

Partai antara Liverpool vs Manchester United selalu dianggap sebagai salah satu laga paling menarik di sepakbola Inggris. Dari ratusan pertemuan, MU ternyata masih unggul atas rivalnya itu.

MU dan Liverpool merupakan dua tim dengan koleksi trofi paling banyak di antara tim-tim lainnya di Liga Inggris. Oleh karena itu mereka saling berebut klaim sebagai yang terbaik di daratan Inggris. Liverpool menguasai era 1970-an dan 80-an, sementara MU adalah raja era 90-an.

Untuk urusan trofi, Liverpool boleh berbangga hati. Koleksi mereka yang sebanyak 58 buah dari semua ajang, masih unggul dari koleksi MU yang sebanyak 53 buah. The Reds unggul untuk urusan kompetisi Eropa di mana mereka mengoleksi 11 trofi juara (5 Liga Champions, 3 Piala UEFA, dan 3 Piala Super Eropa), sedangkan MU baru lima (3 Liga Champions, 1 Piala Winners, dan 1 Piala Super Eropa).

Untuk urusan trofi domestik, keduanya imbang dengan sama-sama mengumpulkan 47 trofi. MU mengoleksi 17 gelar juara Liga Inggris, 11 Piala FA, 2 Piala Liga, dan 17 Community Shield. Sementara Liverpool mengoleksi 18 gelar juara Liga Inggris, 7 Piala FA, 7 Piala Liga, dan 15 Community Shield.

Sedangkan di level dunia, MU adalah pemenangnya. Mereka sudah satu kali menjuarai kejuaraan dunia antarklub, sementara Liverpool belum satu kali pun.

Kalau melihat dari koleksi trofi wajar apabila laga antara keduanya selalu dinanti-nantikan. Pihak TV yang ingin menayangkan pertemuan mereka selalu meminta jadwalnya diubah ke siang hari atau sore hari untuk meraup keuntungan dari animo penonton. Ryan Giggs juga pernah menyebut bahwa "perang" Liverpool-MU sebagai "laga paling terkenal di tanah Inggris".

Sekarang, mari bicara ke statistik pertandingan. Keduanya total sudah bertemu sebanyak 175 kali di berbagai ajang kompetisi dengan MU berhasil memenangi 69 di antaranya. Sementara Liverpool baru berhasil meraih 58 kemenangan atas MU--dan sisanya 48 kali berakhir imbang.

Khusus untuk di Liga Inggris, mereka sudah bertemu 150 kali. MU telah mereguk 59 kemenangan sedangkan Liverpool baru meraih 50 kemenangan dan sisa 41 berakhir imbang. Fakta ini menunjukkan bahwa "Setan Merah" lebih sering meraih kemenangan atas "Si Merah" jika bertemu di kompetisi liga.

Jelang pertemuan ke-151 di liga atau ke-176 sepanjang sejarah, patut dinantikan siapa yang bakal keluar sebagai pemenang. Pertandingan akan berlangsung di kandang Liverpool, Anfield, pada hari Sabtu (13/9/2008).

Ironisnya, dalam enam pertemuan terakhir di Anfield (khusus untuk pertandingan di Premier League), Steven Gerrard cs kalah lima kali sementara satu sisanya berakhir imbang. Terakhir, mereka takluk melalui gol tunggal Carlos Tevez pada 16 Desember 2007.

Kemenangan terakhir di liga yang diraih The Kop pada laga yang berlangsung di Anfield terjadi tujuh tahun lalu, tepatnya pada 4 November 2001. Ketika itu Liverpool menang dengan skor 3-1. Lalu, akankah Liverpool menghentikan rekor buruk tersebut? Semuanya baru akan terjawab di akhir pekan nanti.

Empat Pertemuan terakhir di Premier League

23 Maret 2008- Manchester United vs Liverpool 3-0 (di Old Trafford)

16 Desember 2007-Liverpool vs Manchester United 0-1 (di Anfield)

3 Maret 2007-Liverpool vs Manchester United 0-1 (di Anfield)

22 Oktober 2006- Manchester United vs Liverpool 2-0 (di Old Trafford)

0 komentar: